Home > Teknologi Informasi > The New iPod Touch 4G

The New iPod Touch 4G

Tahu perangkat ini?

iPod Touch 3rd Gen 

iPod Touch 3rd Gen – apple.com

Yak, yang satu ini emang dikenal luas, apalagi dikalangan pecinta gadget dan musik (juga game) pasti pada tahu, Apple iPod Touch 3G (3rd Generation – Generasi ke-3).
Kamu punya?
Saya pernah punya, 64GB nyicil dari belibarang.com hehehehehe (lebih murah 250ribu++ dari pasar plus cicilan 6x bunga 0% pula pake citibank). Sayang barangnya ilang padahal cicilan belum lunas. Sepertinya saya ini emang ga ditakdirkan untuk dapat nikmatin gadget milik ndiri. Nasib, nasib …

Anyway, gara-gara kehilangan barang, saya pasti langsung jadi ilfil untuk ngeliat palagi membeli barang yang sama lagi.Namun tanggal 1 September kemarin Om Steve Jobs kembali bikin ulah dengan meluncurkan ini.
The Apple iPod Touch 4G

Tuh kan…. nyebelin.
Sebenarnya rumor mengenai apa/bagaimana fitur baru dari iPod Touch generasi 4 ini dah bisa ditebak banyak orang. Kenapa? Karena hebohnya berita tentang prototype iPhone-4 yang dilansir gizmodo sekitar bulan April 2010 lalu. Dari gonjang-ganjing iPhone itu, bermunculanlah rumor mengenai the next iPod Touch berkamera. Misalnya:

 

iPod Touch 4 – apple.com

Dan 1 September kemarin semua rumor terjawab.

Nah mari kita ulas satu per-satu
Harga

Dari sisi harga, ini yang suka bikin nyesek orang yang ga sabaran. Harga iPod Touch 4G bisa dibilang sama dengan pendahulunya.
Dikutip dari store.apple.com
8GB – USD 229
32GB – USD 299
64GB – USD 399

Tinggal kalikan ajah dengan kurs US dollar saat ini. Misal 9100, berarti yg 64GB itu seharga IDR 3,630,900. Wow beda kurang dari IDR 20,000 dari harga di belibarang.com waktu itu *nasib, nasib ….*

 

 

Fitur

Seperti yang sudah menjadi rumor beberapa bulan sebelumnya, iPod Touch 4G ini punya kamera depan dan belakang + Layar Retina seperti di iPhone 4. Yang belum pernah nyobain/liat resolusi 960×640 pixel Retina Display di iPhone4 pasti ga akan bisa merasakan betapa kinclongnya tampilan layarnya.
Body masih mirip dengan pendahulunya, tanpa sudut. Tidak model “kotak” seperti halnya iPhone 4. Terobosan lainnya adalah ketebalan dan berat iPod Touch 4G ini berkurang 15% dibanding yang 3G. Wow.
Nah ini pasti bakal bikin sebel pabrikan pembuat aksesoris :P Dah ada kamera depan belakang, lebih tipis 15% pula. Kalo cuman kamera doang sih, yang dah punya model switch easy, otter, zagg n sejenisnya bisa kreatif dikit dengan ngebolongin ajah case tempat kamera terletak. Lha tipisnya ini yang susah diakalin.
Fitur selanjutnya adalah dengan adanya kamera tadi, iPod Touch 4G memungkinkan kamu untuk dapat merekam video, seperti Nano video. Cuman yang ini kelasnya 720p HD video. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Apple Face Time untuk video-call (via WiFi tentunya) dengan teman kamu sesama pengguna iPod Touch 4G dan juga iPhone 4.
Kayanya layanan video call bakal naik daun justru gara2 iPod Touch 4G + iPhone 4 deh dibanding gadget2 GSM pendahulunya :P
Spesifikasi teknis iPod Touch 4G ini hampir ga ada bedanya dengan iPhone 4 lho.
CPUnya sama-sama pake A4 chip seperti iPhone. Ada integrated gyroscope untuk kendali game yang lebih nyaman. The Wi-Fi antennanya bisa 802.11n di 2.4GHz. LCD nya sudah saya sebutin di atas. 3.5″ Retina Display dgn resolusi 960×640.

Dari segala fitur “wow” di atas, ada beberapa catatan terhadap iPod Touch 4 ini. Jadi jangan keburu “wow” dulu. Disadur dari ilounge.com. Fitur wow tapi yang ternyata garing itu adalah …. KAMERA-nya
Kemampuan kamera belakang iPod Touch 4G ini hanya 0.69 Megapixels (960×720) untuk foto, dan 0.92 Megapixels (1280×720) untuk video. Kamera depannya hanya kualitas VGA (kaya N73 yg pernah saya punyai) Tettereeeeeetttt
Banyak situs yang mengulas kamera iPod Touch 4G ini, tinggal googling ajah. Tapi untuk awal bisa baca artikel ini.

Nah yang belum punya iPod Touch n berencana beli, sabar dulu. @iBoxIndonesia di salah satu postingan twitternya mengatakan kalo iPod genereasi baru (Touch, nano, shuffle) akan masuk Indonesia akhir tahun nanti. Sekalian buat gadget tahun baruan tuh :)

Berikut cuplikan youtube video berkenaan dengan iPod Touch 4G

New iPod Touch 4G from Apple’s September 1st Live Event
http://www.youtube.com/v/XW9ghPSmN20?version=3

About these ads
  1. December 18, 2010 at 4:46 am

    Kalo beli ipod murah kayak gitu yang generasi ke 4 8giga di mana soalnya lagi minat banget nihhh tolong bales nya yang cepet pengen tauuuuu

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: