Home > Blogger, Tips dan Trik > 7 Cara Cerdas Meningkatkan Jumlah Pelanggan RSS

7 Cara Cerdas Meningkatkan Jumlah Pelanggan RSS

Kali ini saya ingin sekedar membagikan pengalaman saya tentang bagaimana cara meningkatkan jumlah pelanggan RSS blog ini dari 0 hingga 461 pelanggan dalam waktu 6 bulan.

Jujur saja, waktu 6 bulan adalah waktu yang lama. Ada banyak blogger yang mampu mendapatkan ratusan bahkan ribuan pelanggan RSS bahkan dalam waktu mingguan. Saya sekedar blogger biasa. Bukan blogger “istimewa”. Jadi cara-cara yang saya pergunakan untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS di blog ini pun sekedar cara-cara biasa yang saya yakin Anda pun bisa melakukannya.

Saya pribadi terus terang memang cukup merasakan manfaat memberikan layanan berlangganan RSS Feed untuk pembaca blog ini. Meskipun traffic pengunjung dari search engine masih ngos-ngosan, hemat saya setidaknya blog ini telah memiliki pembaca setia yang selalu menyimak artikel-artikel blog ini melalui RSS Reader ataupun email mereka masing-masing (thanks a bunch untuk semua pelanggan RSS Feed blog ini).

Selain itu, dengan jumlah pelanggan RSS Feed yang semakin besar, manfaat lain yang bisa kita dapatkan diantaranya adalah memungkinkan terbangunnya komunitas pembaca setia yang semakin besar, bisa menjadi salah satu ukuran pencapaian kesuksesan blog Anda (selain traffic pengunjung, page views, jumlah komentar dan uang yang Anda hasilkan dari blog Anda), memungkinkan peluang monetisasi blog berdasarkan jumlah pelanggan RSS, dan ketika jumlah pelanggan sudah sangat besar akan menciptakan efek buzz marketing untuk blog Anda.

Berikut adalah 7 cara cerdas yang pasti juga bisa Anda coba untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS blog Anda.

1. Promosikan Fitur Berlangganan RSS Feed di Blog Anda
Jika Anda memang berniat memberikan pilihan kepada pengunjung blog Anda untuk mendapatkan updates artikel dari blog Anda melalui RSS Feed, jangan malu-malu untuk mempromosikan fitur RSS Feed Anda semenyolok mungkin. Pasang “tombol oranye” ikon RSS Feed (atau gambar gadis cantik di artikel ini) di bagian paling atas atau bagian blog Anda yang paling mudah dilihat.

Sebagai contoh, di blog ini saya menggunakan “tombol oranye” ikon RSS Feed yang cukup besar di bagian kanan atas blog ini.

Selain gambar, pergunakan juga berbagai variasi teks link yang intinya menjelaskan bahwa pengunjung blog Anda bisa berlangganan artikel-artikel dari blog Anda melalui RSS Feed. Sebagai contoh, di blog ini Anda pasti akan menjumpainya teks “Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Klik disini untuk berlangganan Blogguebo” di bagian footer setiap artikel di blog ini.

Selain itu saya juga memanfaatkan layanan FeedBurner untuk menampilkan fitur berlangganan RSS berupa teks yang bisa Anda temukan juga di bagian footer blog ini (silahkan cek teks link berbunyi “Subscribe to this Feed, Email this, View CC License”).

2. Ajak Pengunjung Blog Anda Untuk Berlangganan RSS Feed Blog Anda
Ada satu trik sederhana untuk menciptakan kalimat ajakan berlangganan RSS yang terbukti lebih efektif meningkatkan jumlah pelanggan RSS blog Anda.

Apa yang terbersit di kepala Anda ketika mendengar kata “Berlangganan”? Biasanya, orang akan berpikir bahwa berlangganan pasti harus membayar. Berlangganan koran misalnya. Alih-alih mempergunakan ajakan umum “Subscribe to my feed” atau “Klik disini untuk Berlangganan RSS”, saya memilih untuk mengajak pengunjung blog ini untuk “mendapatkan updates tips-tips menghasilkan uang melalui blog via RSS Feed“.

Saya yakin, bahkan untuk pembaca yang awam dengan RSS Feed pun pasti akan tergoda dengan ajakan untuk mendapatkan updates tips-tips menghasilkan uang melalui blog, apalagi secara gratis. Dan dari hasil pengujian saya, jumlah pelanggan RSS blog ini memang meningkat cukup signifikan setelah saya menampilkan kalimat ajakan “Dapatkan updates via RSS” dan “Dapatkan updates via Email” di bagian kanan atas blog ini. Anda mungkin bisa menggunakan ajakan “Dapatkan info kesehatan terbaru via email” atau “Dapatkan motivasi harian via email“.

3. Berikan Pilihan Pengunjung Blog Anda Untuk Berlangganan Lewat Email
Selain melalui RSS Reader, beri pilihan alternatif kepada pengunjung blog Anda untuk berlangganan RSS Feed blog Anda melalui email. Selain layanan FeedBurner, layanan lain yang memampukan Anda untuk mengirimkan RSS Feed melalui email diberikan oleh FeedBlitz. Di blog ini, saya memilih menggunakan layanan FeedBurner untuk email.

4. Didik Pengunjung Blog Anda Untuk Memanfaatkan RSS Feed
Bayangkan apa jadinya jika Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan RSS Feed, sementara sebagian besar pengunjung blog Anda (bahkan mayoritas pengguna internet) ternyata belum paham benar mengenai apa itu RSS Feed dan bagaimana cara memanfaatkannya. Karenanya, berikanlah penjelasan ringkas kepada pengunjung blog Anda mengenai apa dan bagaimana RSS Feed bisa memberikan manfaat untuk mereka. Di blog ini, saya memberikan tautan link artikel “Apa Itu RSS?” tepat dibawah kalimat ajakan untuk berlangganan RSS Feed di bagian kanan atas blog ini. Dan memang, sebagian besar pelanggan RSS Feed blog ini biasanya membaca terlebih dahulu artikel melalui link tersebut sebelum memutuskan untuk berlangganan RSS Feed blog ini.

5. Berikan Full-Feed Untuk RSS Feed Blog Anda
Terlepas dari perdebatan yang terjadi di seputar masalah full-feed atau partial-feed, saya pribadi merasakan dampak luar biasa peningkatan jumlah pelanggan RSS Feed blog ini dengan memilih memberikan layanan full-feed.

Dengan mau tulus berbagi (tanpa RSS Feed yang disunat, hehehe), pengunjung blog Anda akan lebih menghargai Anda dan juga lebih nyaman membaca artikel blog Anda secara lengkap melalui RSS Feed. Dampaknya, pelanggan RSS Feed juga akan menjadi pembaca setia blog Anda.

6. Berikan Insentif Untuk Berlangganan RSS Feed Blog Anda
Salah satu cara cerdas untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS adalah dengan memberikan insentif atau bonus kepada calon pelanggan RSS Feed blog Anda. Saya sering melakukannya dengan memberikan insentif e-book eksklusif dan gratis untuk mereka yang mau berlangganan RSS Feed blog ini. Teknik memberikan insentif yang lain diantaranya adalah dengan mengadakan kontes atau undian berhadiah yang khusus hanya boleh diikuti oleh pelanggan RSS Feed blog Anda.

7. Berikan E-book Gratis Dengan Link Berlangganan RSS Feed Blog Anda
Salah satu cara lain yang kini populer dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS Feed adalah dengan memberikan e-book gratis dengan link ajakan untuk berlangganan RSS Feed di dalamnya. Jika e-book tersebut bagus dan memberikan nilai manfaat yang tinggi, peluang seseorang untuk berlangganan RSS Feed Anda akan semakin besar.

Saya sendiri baru-baru ini telah mencoba teknik memberikan e-book gratis ini dan ternyata benar efeknya memberikan peningkatan jumlah pelanggan RSS Feed secara signifikan. Jika Anda belum mencoba cara ini (dan tentu saja siap menulis e-book), tidak ada salahnya mulai memberikan e-book gratis untuk pembaca blog Anda.

Beberapa teknik diatas adalah cara-cara sederhana yang telah saya pergunakan (dan terbukti berhasil) meningkatkan jumlah pelanggan RSS Feed blog ini dari 0 hingga mencapai 350 pelanggan.

Categories: Blogger, Tips dan Trik Tags: ,
  1. February 18, 2011 at 1:04 pm

    terimakasih ya infonya tentang 7 Cara Cerdas Meningkatkan Jumlah Pelanggan RSS….

    • arifadli
      February 19, 2011 at 12:16 am

      ok gan

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: