Home > Sekaput Sirih > Kondisi Merapi Berangsur Normal

Kondisi Merapi Berangsur Normal

Yogyakarta, CyberNews. Kondisi Gunung Merapi kini mulai berangsur-angsur normal, namun warga yang tinggal di sekitar lereng gunung diminta tetap waspada.

Kepala Pusat Mitigasi Bencana Geologi, Surono mengatakan, “Luncuran awan panas tidak akan mencapai tujuh kilometer dari Gunung Merapi. Jika warga tidak berada dalam jarak radius kurang dari itu maka akan aman,”.

Sementara itu hujan abu dan pasir Gunung Merapi yang menyelimuti hingga Kota Yogyakarta kini mulai reda, namun warga diminta tetap waspada dan menggunakan masker agar tidak menghirup abu Gunung Merapi dan belerang yang menyengat.

Warga yang sebelumnya panik mendengar dentuman keras Gunung Merapi kini sudah mulai tenang.

Sepanjang Jalan Kaliurang yang sebelumnya mengalami kemacetan arus lalu lintas menuju Kota Yogyatkarta sudah mulai lancar, padahal sebelumnya terjadi kepanikan di antara kalangan masyarakat yang ingin menyelamatkan diri ke tempat aman di Kota Yogyakarta.

Seperti yang kita ketahui Gunung Merapi, Sabtu dini hari, selama 21 menit mengeluarkan suara letusan keras disertai awan panas yang pekat sehingga membuat panik kalangan warga di sekitar gunung yang traktif di Indonesia ini.

Dentuman keras dan semburan awan panas berlangsung mulai pukul 00.16 WIB hingga 00.37 WIB. Semburan awan panas terjadi karena suplai magma dari bawah ke atas berlangsung cepat.

Categories: Sekaput Sirih Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: