Home > Internet, Teknologi Informasi, Tips dan Trik > Sikap yang Menjadikan Anda Sukses dalam Mendapat Uang Lewat Blog

Sikap yang Menjadikan Anda Sukses dalam Mendapat Uang Lewat Blog

Beberapa hari lalu saya menginformasikan bahwa saya harus memiliki wawasan bisnis dengan membeli 9 buah buku bisnis. Salah satu buku yang “menggetarkan” saya adalah buku Marketing Muhammad karena menjelaskan secara gamblang rahasia sukses nabi Muhammad dalam memenangi persaingan pasar.

Rahasia sukses ini terdiri dari 5 sikap yaitu jujur, ikhlas, profesional, silaturahmi, dan murah hati. Setelah merenungkannya, saya memahami bahwa konsep ini berlaku pula untuk mendapat uang lewat blog. Berikut ini adalah penjelasannya yang bisa membantu Anda sukses dalam mendapat uang lewat blog.

1. Jujur

Semua blogger yang tujuannya mendapat uang lewat blog punya harapan mendapat uang atau dolar dengan jumlah yang banyak. Namun, bagaimana apabila hasil yang diharapkan tidak juga muncul? Padahal telah banyak kiat, tips, dan cara yang digunakan. Dalam menghadapi keadaan di atas, banyak blogger yang tidak berputus asa dan terus menggali pengetahuan, sehingga pada akhirnya muncul solusi bagi permasalahan mereka. Ada pula blogger yang kemudian menyerah dan beralih ke bidang lain (berhenti ngeblog). Tak sedikit pula blogger yang kemudian memilih menggunakan jalan pintas dengan mendobrak dinding etika. Mereka berlaku tidak jujur, seperti: * Menjelekkan pesaingnya * Membesarkan produk secara berlebihan yang sebenarnya tidak mencerminkan keadaan sesungguhnya * Menyajikan data yang bohong * Melanggar syarat dan ketentuan dari program yang diikutinya (curang) Apa dampak tidak jujur? Karena jujur merupakan peraturan sosial yang tidak tertulis, maka hukuman bagi yang tidak jujur juga bersifat sosial. Contoh-contoh hukumannya adalah dijauhi, diacuhkan, dan yang paling parah dimasukkan dalam daftar hitam oleh para blogger atau penyedia program monetisasi. Jadi, dari pemaparan di atas, sudah jelas bahwa jujur adalah sikap pertama yang harus dimiliki para blogger yang ingin sukses make money blogging.

2. Ikhlas

Sikap ikhlas akan membentuk pribadi blogger yang tidak lagi memandang materi sebagai tujuan utama. Namun, lebih terbuka terhadap semua keuntungan, baik bersifat materi maupun non materi. Seperti kita ketahui bersama, ngeblog dipilari oleh membuat konten bermutu, membangun jaringan, promosi, dan monetisasi. Melakukan keempat pilar ini tidak semudah membalikkan tangan karena membutuhkan banyak energi dan waktu lama. Namun, bila blogger sudah memiliki sikap ikhlas, mereka akan senang (tanpa beban) melakukannya karena memang keuntungannya bukan berupa materi. Contohnya bisa saja seperti ini: * Ikhlas membuat artkel pilar karena memang artikel yang Anda buat akan bermanfaat bagi blogger lain sehingga membantu blogger bersangkutan menjadi lebih baik. * Ikhlas membalas komentar dan melakukan kunjungan balik. * Ikhlas membacklink tulisan blogger lain tanpa takut penurunan page rank atau trafik * Ikhlas men-support produk atau jasa yang dimiliki blogger lain tanpa meminta bayaran.

3. Profesional

Sikap profesional sangat penting dalam ngeblog. Sikap ini menjauhkan diri dari rasa malas, tidak mau berusaha, dan hanya mau menerima saja (tanpa mau memberi). Sikap profesional juga membuat seorang blogger selalu cermat dalam setiap perbuatan yang dilakukannya, karen ia percaya bahwa hari esok harus lebih baik daripada hari ini. Dengan demikian, memicu semangat untuk terus berusaha mengejar target yang diinginkan. Pada akhirnya, sikap ini akan membawa sang blogger pada pemanfaatan waktu dan sumber daya yang semakin efektif dan efisien.

4.Silaturahmi

Silaturahmi menjadi jembatan yang menghubungkan seorang blogger dengan blogger lain. Selain itu, silaturahmi juga menjadi dasar dalam membina hubungan baik, tidak hanya kepada pelanggan, pengunjung, kolega, namun juga pesaingnya. Poin pentingnya, dengan silaturahmi seorang blogger dapat membangun jaringan yang tidak terbatas dan tentunya saling menguntungkan.

5. Murah Hati

Terkadang, setelah mendapatkan kesetiaan pelanggan, seorang blogger cenderung memanfaatkan kesetiaan tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Dalam hal ini, sang blogger tersebut tidak bermurah hati sehingga menghancurkan hubungan yang sudah terjalin. Penting diingat, murah hati dapat menjaga siapa pun dari melakukan tindakan pembodohan dan pemanfaatan orang lain. Kesimpulan Jujur, ikhlas, profesional, silaturahmi, dan murah hati adalah sikap-sikap sukses untuk mendapat uang lewat blog. * Jujur menghasilkan kepercayaan dan loyalitas * Ikhlas menghasilkan ketenangan dalam aktivitas ngeblog * Profesionalisme menghasilkan kesungguhan dan dedikasi tinggi * Silaturahmi membentuk jaringan kerja yang tidak terbatas * Murah hati menjaga diri dari memanfaatkan orang lain dan sombong. Dengan menggabungkan kelima konsep di atas secara menyeluruh dan berkesinambungan, saya yakin trafik dan uang akan “mengejar” kita (bukan kita yang mengejar trafik dan uang).

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: