Home > Bencana Merapi > Tinjauan Pers 10 November 2010

Tinjauan Pers 10 November 2010

Kunjungan Obama ke Indonesia memenuhi media internasional.http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/tinjauan-pers-10-november-2010

“Akibat Merapi, Kunjungan Obama Diperpendek,” demikian judul artikel di harian belanda de Volkskrant. Akhirnya presiden Amerika Serikat itu tiba juga di Indonesia, setelah dua kali membatalkan rencana. Kunjungan singkat, sangat singkat, bahkan terlalu singkat. Ia tidak punya waktu mengunjungi bekas rumah dan sekolahnya, atau tempat kenangan lain. Toh ia sempat menikmati nasi goreng, bakso, emping dan kerupuk di Istana Negara.

Islam
Yang menarik adalah kunjungan singkat Barack dan Michelle Obama ke masjid Istiqlal yang dinilai sebagai uluran tangan ke dunia Islam. Tapi para pemimpin muslim di Indonesia skeptis. Kali ini tidak ada pertemuan kepala negara dengan mereka, padahal waktu George W. Bush datang ke Jakarta, ada pembicaraan antara muslim dan Amerika. Para pemimpin muslim merasa tidak dianggap penting oleh Amerika.

Amerika berulang kali menamakan Indonesia sebagai rekan penting di dunia muslim. Selain itu Indonesia juga penting dari sisi strategi, karena letaknya di Asia Tenggara dan dekat dengan saingan terbesar Washington di Asia, Cina. Pengaruh Beijing di Asia Tenggara semakin besar, dan dengan kunjungan ini Amerika berharap bisa kembali menancapkan kukunya di Indonesia. Karena itulah ditandatangani kerja sama menyeluruh dengan Indonesia. Demikian lanjut de Volkskrant.

Rayuan
Halaman depan harian The International Herald Tribune memuat artikel berjudul “Amerika dan Cina Rayu Indonesia.” Pesona Obama di Jakarta bertujuan untuk menandingi rayuan yang dilancarkan Cina terhadap Jakarta. Akhirnya Obama berhasil mendahului perdana menteri Cina, Wen Jiabao, tiba di Indonesia. Keduanya telah membatalkan rencana kunjungan ke Jakarta dua kali karena urusan dalam negeri.

Indonesia memang punya kebijakan luar negeri yang tidak memihak, tapi selama ini cenderung ke Amerika. Di sisi lain, selama beberapa tahun terakhir Indonesia juga melirik Cina. Dalam konferensi pers di Istana Negara, Obama menekankan, Amerika tidak tertarik “melibatkan” Cina dalam hubungan dengan Indonesia.

Sehari sebelum Obama tiba, Beijing mengirim sejumlah pejabat tinggi yang membawa berita positif: Cina ingin berinvestasi di Indonesia sebesar 8,6 milyar dolar. Sebagian besar dana akan digunakan untuk memperbaiki sarana infrastruktur. Pejabat militer Cina dan Amerika, juga para diplomat kedua negara, merayu 10 negara ASEAN, tapi usaha terbesar keduanya adalah merayu Indonesia.

Positif
Sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, yang terletak di wilayah yang sangat strategis, kaya akan hasil alam dan bumi, dan dipimpin oleh pemerintah yang demokratis, profil Indonesia semakin menanjak di dunia internasional. Tulis The International Herald Tribune.

Yang terakhir, harian Trouw memuat foto Obama dan SBY dengan judul “Obama ingin hubungan yang lebih baik dengan negara-negara muslim.” Presiden Amerika ini senang bisa kembali ke Indonesia, negara yang pernah menjadi rumahnya dari 1967 hingga 1971.

Tidak semua orang Indonesia menyambut gembira kunjungan ini, beberapa ribu pendukung gerakan muslim radikal berunjuk rasa di depan kedutaan besar Amerika di Jakarta menentang kunjungan Obama dan membakar foto-foto presiden Amerika tersebut.

Simak pidato Obama di Indonesia:

http://www.livestream.com/theuptake/video?clipId=pla_765ca513-5852-484f-9214-01c4c2461c53

Categories: Bencana Merapi Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: