Home > Hiburan, Sekaput Sirih > Film Facebook The Social Network, ‘Bukan’ Kisah Si Pembuat Facebook

Film Facebook The Social Network, ‘Bukan’ Kisah Si Pembuat Facebook

The Social Network itulah judul Film Facebook (Facebook Movie) yang mengklaim mengisahkan perjalanan dan perjuangan Mark Zuckerberg saat membuat dan membesarkan Facebook. Sebuah situs jejaring sosial yang kini menjadi social network atau situs pertemanan terbesar di dunia dan menjadi halaman di internet yang paling populer dan paling banyak dikunjungi di dunia, setelah mesin pencari Google (search engine). Setidaknya hingga kini, Facebook mengklaim tercatat lebih dari 500 juta orang tergabung dan membuat akun Facebook (walau jumlahnya bisa jadi lebih sedikit mengingat 1 orang bisa jadi memilki 10 akun).

Film Facebook The Social Network bercerita tentang Mark Zuckerberg yang saat menciptakan Facebook hanya dari kamarnya di Asrama Universitas Harvard Amerika Serikat, tempat Zuckerberg belajar. Becerita pula tentang kisah Mark membesarkan Facebook termasuk konflik yang terjadi dengan rekan-rekannya.

Jika disimak dari judulnya The Social Network (Jaringan Sosial) yang terbayang mungkin adalah film ini merupakan film serius dan mengajak penontonnya memutar otak, tapi ternyata menurut bocoran, Film Facebook ini malah penuh dengan bumbu komedi. Film Facebook The Social Network ini diangkat dari buku berjudul The Accidental Billioners yang ditulis Ben Mezrich. Sebuah buku yang juga mengisahkan perjalanan Mark Zuckerberg dan Facebooknya. Jessie Eisenberg, Justin Timberlake, dan Andrew Garfield akan terlibat sebagai aktor di film ini.

Bukan Kisah Si Pembuat Facebook – ya, Film The Social Network faktanya adalah hanya sebuah Film fiksi ala Hollywood. Mark Zuckerberg dan rekan-rekannya di Facebook membantah cerita di film ini adalah kisah mereka sebenarnya. “Sejujurnya, saya sangat berharap agar saat seseorang hendak mengerjakan karya jurnalistik, atau menulis sesuatu tentang Facebook, setidaknya mereka berusaha untuk menulis dengan benar,” kata Zuckerberg. “Film itu adalah karya fiksi.”

Produser Film The Social Network ini sempat melakukan pendekatan kepada pihak Facebook terkait akan dibuat dan dirilisnya film ini, namun pihak Facebook meminta perombakan besar-besaran terhadap cerita di film ini, hingga akhirnya sang produser menolaknya.

Pihak Facebook merasa keberatan jika Mark digambarkan sebagai sosok yang gemar pesta dan terlibat konflik dengan teman-temannya. Terlebih dengan adanya kesan di film ini seolah Mark membuat Facebook hanya untuk mengejar wanita. Dilain pihak, sang produser bernama Scott Rudin ini merasa yakin jika cerita di film ini adalah kisah sebenarnya dari Mark Zuckerberg berdasarkan hasil riset mereka. Alhasil, film ini berjalan tanpa restu Mark Zuckerberg dan Facebook Inc. Maka tidak heran tidak ada gembar-gembor dari Facebook yang bisa kita lihat di Facebook.com tentang film ini.

Film Facebook The Social Network ini akan dirilis pada 1 Oktober 2010 mendatang, dan tentunya bisa kita saksikan juga melalui bioskop atau mungkin bagi yang berhemat dengan cara download Film Facebook The Social Network secara gratis di internet. Tapi ya alangkah baiknya nonton dibioskop atau beli DVD aslinya. Film The Social Network ini disutradarai oleh sutradara “Fight Club” David Fincher, dan bekerjasama dengan kreator “West Wing” Aaron Sorkin. Sekian review Goyang Karawang untuk Film Facebook yang ternyata kontroversial ini.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: