Home > Bencana Merapi > Puskesmas Sarankan untuk Tidak Menerima Tim Kesehatan Non Pemerintah

Puskesmas Sarankan untuk Tidak Menerima Tim Kesehatan Non Pemerintah

JALIN MERAPI (Magelang, Selasa, 23 Nov 2010). Kesehatan sangat penting dan krusial dalam kondisi bencana seperti sekarang ini, terutama di posko-posko pengungsian.  Akan tetapi, dalam kondisi darurat seperti sekarang ini, masih ada pihak yang tidak mau atau tidak memperbolehkan bantuan kesehatan dari pihak non pemerintah. Padahal, bantuan dan relawan tersebut datang dengan maksud kemanusiaan untuk menolong pengungsi atau warga yang terkena dampak bencana Merapi.

Penolakan ini terjadi di daerah Sawangan Magelang. Saat itu, tim medis yang dibawa Jalin Merapi mengunjungi posko pengungsian di Pondok Gontor 6. Koordinator pengungsi menuturkan, “Tim kesehatan dari luar belum pernah ada karena anjuran dari Puskesmas Sawangan, apabila ada yang sakit segera dibawa ke puskesmas saja. Padahal, sakit tidak bisa diprediksi. Termasuk bagaimana akan membawa pengungsi yang sakit.“

Para pengungsi mengeluh tentang layanan kesehatan yang terlalu jauh letaknya dari posko pengungsian. Koordinator pengungsi menambahkan, “Kita butuh tim kesehatan yang stay di sini bila sewaktu-waktu dibutuhkan.” Koordinator pengungsi itu bahkan menyarankan tim kesehatan Jalin Merapi untuk stay di sana, namun sembunyi-sembunyi saja, tanpa sepengetahuan pihak puskesmas.

Tim Jalin Merapi 1

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: