Home > Teknologi Informasi > Fitur Baru iOS 4.2

Fitur Baru iOS 4.2

Pemutakhiran paling anyar yang ditunggu-tunggu oleh para pemake iOS terutama yang punya iPad telah beredar. Versi 4.2 membuat iPad mempunyai fitur yang sama dengan iPhone dan iPod Touch yang sudah lebih dulu mempunyai fitu multitasking, dan folders. Apa saja fitur-fitur terbaru di iOS 4.2? Simak lanjutannya.

Multitasking di iPad

Tanpa multitasking menggunakan iPad membuat pekerjaan menjadi tersendat-sendat dan kikuk. Aplikasi harus restart ulang apabila kita berpindah ke aplikasi lain. Dengan Multitasking kita dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutupnya. Inilah fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pemake iPad. Sekarang iPad sudah lengkap!!

Akhirnya saya bisa copy gambar langsung dari iPad ke Mac dengan lebih cepat menggunakan multitasking dan PasteBot. Woot!

Folders di iPad

Yap! Seperti layaknya di iPhone dan iPod Touch, iPad mempunyai Folders juga. Folders di iPad bisa menampung 12 aplikasi sekaligus, dimana iPhone dan iPod Touch hanya bisa menampung 9 aplikasi saja.

Folders iPad

Kontrol Kunci Layar, Kecerahan dan Volume

Sebelumnya untuk mengunci layar di iPad Anda diberikan tombol fisik di sebelah atas tombol volume. Sekarang di iOS 4.2 tombol tersebut menjadi tombol mute, untuk mengunci layar sekarang harus memakai tombol perangkat lunak yang tersedia di tempat icon Multitasking.

Cara mengaktifkannya tekan tombol Home dua kali, kemudian swipe ke kiri. Akan muncul icon Lock Screen, mengatur Brightness, kontrol iPod dan Volume serta icon iPod.

Lockscreen

Sejujurnya saya lebih suka tombol fisik untuk kunci layar, lebih mudah di raih daripada tombol tersebut.

Kalendar MobileMe Baru

Pada iOS 4.2 sekarang iOS dapat memanfaatkan Kalendar MobileMe baru tanpa harus memakai CalDAV lagi, langsung terintergrasikan dengan layanan MobileMe. Sebelumnya Anda harus membuat akun kalendar baru dengan sambungan CalDAV untuk memanfaatkan fitur baru.

Mobile me Calendar

AirPrint

Dengan AirPrint Anda dapat mencetak langsung dari iPad, iPhone atau iPod Touch ke mesin cetak di dalam jaringan, tidak perlu pasang driver atau setup, langsung cetak melaui udara.

Air Print 1

Find my iPad, iPhone & iPod Touch

Cara mengaktivasinya Anda buat dulu akun MobileMe, setelah itu Anda bisa mengunjungi halaman http://me.com/find untuk melihat dimanakan iPhone, iPad dan iPod Touch berada. Sebelumnya fitur ini hanya bisa dimiliki oleh Anda yang berlangganan MobileMe. Langkah yang ditempuh Apple menggratiskan Find My iDevice dapat memberikan rasa aman bagi Anda yang punya iDevice. Dengan fitur ini Anda bisa mengunci atau menghapus data dari jarak jauh apabila iDevice anda dicuri.

Mobile me Find my i Phone

Pendeteksian lokasi cukup akurat, tampaknya hanya berbeda beberapa puluh meter saja.

Game Center di iPad

Game Center sekarang tersedia di iPad juga. Anda bisa memainkan game iPad dan bekompetisi berasama-sama teman Anda yang punya iPad, iPhone atau iPod Touch.

Game Center

Unified Inbox Email

Saya jarang memakai fitur ini karena iPad hanya untuk membaca saja, kalau tidak terlalu penting jarang berbalas email di iPad. Bagi yang sering pakai Email di iPad fitur ini bisa melihat semua email yang masuk dalam satu layar, tidak perlu lagi bolak-balik ke antara Mailbox untuk melihat email di akun yang berbeda-beda.

Pilih Font Notes

Yang satu ini agak mengecewakan, font yang bisa dipilih hanya ada 3. Saya kira akan tersedia banyak font. Tapi yah… lebih baik daripada tidak bisa memilih sama sekali. Untuk memilih font Notes, masuk ke Settings > Notes.

Font Notes

Bahasa dan Keyboard Indonesia

Yeah!! Bahasa Indonesia di iPad. Keren! Cara ganti bahasa ke Settings > International untuk mengatur bahasa, dan masuk ke Keyboard kemudian tambah Keyboard baru dan pilih Bahasa Indonesia. Gambar berikut akan lebih menjelaskan daripada saya kata-kata.

Keyboard Indonesia

Bahasa Indonesia

Walaupun Indonesia menjadi negara buntut yang mendapatkan iPad serta iPhone 4, iOS 4.2 membuat saya berbesar hati karena Apple menganggap bahwa Indonesia patut mendapatkan bahasa sendiri di iPad. Semua aplikasi bawaan dari Apple tampaknya mempunyai Bahasa Indonesia, dan terjemahannya juga tidak terasa janggal. Kerja yang sangat bagus Apple!

Fitur Apa?

Nah sekarang giliran Anda. Kalau ada fitur yang terlewat dan patut di sebut silakan tulis di komentar.

Apa fitur kesukaan Anda? Saya sih fitur Bahasa Indonesia di iPad :-)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: