Home > Accounting > Langkah Mudah Memilih Software Akunting

Langkah Mudah Memilih Software Akunting

Profesi sebagai akuntan membuat kita harus bekerja keras untuk membuat laporan keuangan akhir bulan. Lebih dari itu, dari sekian laporan yang masuk, kita — bersama rekan kerja kita — harus membuat laporan keuangan secara manual, paling tidak menggunakan Microsoft Excel sebagai alat bantu hitung.

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan produk software yang bisa membantu meringankan dan memudahkan kita dalam bekerja dan berbisnis. Namun ada baiknya juga kita tidak terlena dengan fitur yang ditawarkan. Bukannya berguna saat bekerja namun fitur tersebut malah membuat kita kewalahan karena tidak sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Untuk lebih memudahkan Anda memilih software akunting silakan ikuti tips berikut:

  • Software akuntansi adalah tools yang akan dipakai untuk jangka waktu yang cukup panjang. Pastikan pilihan Anda ini tidak banyak rewel dan menyulitkan selama dalam pemakaian.
  • Salah satu indikatornya adalah banyaknya customer based dan penggunanya. Semakin banyak pengguna yang sudah memilih dan menggunakan produk tertentu (mis. ACCURATE Accounting Software), diyakini produk dimaksud sudah lebih matang dan stabil.
  • Pilihkan software yang dikembangkan oleh perusahaan pengembang software yang terpercaya, dan memiliki track record cukup lama berkecimpung dalam bisnis tersebut. Industri IT adalah industri yang sangat dinamis, tidak sedikit perusahaan yang tiba-tiba muncul namun menghilang dengan cepat pula.
  • Pilihkan software akuntansi yang cukup lengkap, komprehensif, dan mudah dipakai. Yang tidak kalah penting adalah kesesuaian aplikasi tersebut dengan lingkungan kerja setempat. Misalnya, karena bisnis Anda beroperasi di Indonesia, maka hendaknya software akuntansi yang dipilih sesuai dengan peraturan PSAK dan peraturan pajak setempat.
  • Aplikasi apapun tidak ada yang sempurna, jadi jangan berpikir perfeksionis.
  • Tanyakan bagaimana bantuan pasca penjualan (after sales service). Produk yang troubleshooting-nya bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah mungkin lebih nyaman dalam penggunaan jangka panjang dibandingkan dengan produk yang menawarkan bantuan teknis yang terlalu berlebihan.
  • Pastikan juga software yang Anda pilih mempunyai rencana pengembangan secara terus menerus.
  • Pergunakan software yang bisa juga digunakan oleh rekan kerja atau rekan bisnis Anda yang lain, dengan desain template, bill of material, work order, yang cocok untuk semua bentuk dan pengoperasiannya terbilang mudah. Seperti pengoperasian secara umum, menyusun laporan, dsb.
  • Bila mungkin, pergunakan software yang dikembangkan oleh perusahaan terpercaya yang sekaligus menyediakan jasa training pengoperasian.
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: