Home > Kesehatan > Tumor Neurofibroma

Tumor Neurofibroma


<!–
–>

Surabaya – Manusia kutil yang kini dirawat di RSU dr Soetomo Surabaya dinyatakan mengalami tumor neurofibroma. Tumor cukup ganas ketika menyerang manusia. Tumor ini biasanya diawali dengan berbentuk semacam kutil. Selanjutnya membesar terus karena virus yang ada menyerang tubuhnya.
“Awalnya itu seperti bercak kehitaman seperti biji kopi pada badannya,” kata ahli bedah plastik dr Iswinarno Doso Saputro SpBP(K) kepada detiksurabaya.com di RSU dr Soetomo, Surabaya, Selasa (22/4/2008).

Dia menjelaskan, penyebab pastinya tumor yang menyerang Sutikno dan Sugeng Riyadi masih belum diketahui.

Namun kata dia, tim dokter hanya bisa melakukan pembedahan yakni operasi. Iswinarno menambahkan, kelainan tersebut dikarenakan adanya virus, bakteri atau karena penyumbatan yang disebabkan cacing filaria dan larva.

“Rata-rata kelainan karena genetik dan keturunan serta menyerang sejak usia produktif. Dan benjolan itu bisa menyerang di bagian tubuh tertentu dengan bentuk menggelambir,” tambahnya.

Biasanya, kata dia, pada saat awal kemunculan terjadi rasa nyeri meski selanjutnya rasa itu hilang. Namun kutilnya kian lama kian banyak dan menumpuk.

“Untuk melakukan pembedahan pada pasien tersebut tentu membutuhkan kerjasama tim yakni, spesialis bedah plastik, spesialis urologi dan spesialis ongkologi,” tambahnya.

Foto:Tumpukan kutil yang memenuhi tangan Sutikno/file RSU dr Soetomo (fat/gik)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: