Home > Blogger, Teknologi Informasi, Tips dan Trik > Makna dan Pengaruh Awalan WWW pada nama domain blog

Makna dan Pengaruh Awalan WWW pada nama domain blog

Makna dan Pengaruh www pada nama domainMakna dan Pengaruh www pada nama domain

Banyak alamat blog maupun situs dimulai dengan awalan WWW. Hal ini lebih karena praktek yang sudah umum dan lama untuk penamaan server sesuai dengan layanan hosting internet. Nama host untuk server web diawali dengan WWW, sedangkan untuk server ftp diawali dengan FTP, dan server berita (USENET) menggunakan news atau nntp. Nama host ini yang kemudian akan terlihat sebagai nama subdomain seperti pada www.bloggerpemula.info

Menarik menulis tentang makna WWW pada nama domain blog karena informasi ini pun baru saya ketahui saat mengecek Page Rank blog ini. Saat saya mengecek PR blog ini dengan mengetikkan “http://bloggerpemula.info” saya dapati Google PR-nya 1. Hal ini yang membuat saya heran karena di gambar PR checker menunjukkan angka 2. Karena itu saya coba mengetikkan lagi tapi dengan tambahan awalan WWW menjadi “http://www.bloggerpemula.info” dan terlihatlah PR-nya 2.

Pilih Nama Domain Dengan atau Tanpa Awalan WWW

Penggunaan nama subdomain seperti ini sebenarnya tidak disyaratkan oleh aturan maupun standar tertentu, bahkan banyak situs dan blog yang tidak menggunakan awalan ini, atau malah menggunakan awalan lain seperti WWW2 dll. Sebagian besar server web secara otomatis menetapkan kedua domain (misalnya bloggerpemula.info dan www.bloggerpemula.info) mengarah pada blog yang sama, sebagian lagi perlu kita lakukan secara manual, dan ada juga yang membuat tiap domain mengarah pada dua blog yang berbeda.

Google sendiri secara default menganggap kedua domain ini berbeda kecuali kita memberitahu google bahwa kedua domain tersebut merupakan blog yang sama, dan domain mana yang lebih kita sukai untuk ditampilkan di hasil pencarian google. Hal inilah yang ternyata menyebabkan Page Rank 2 nama domain blog ini berbeda. Langkah-langkah mendaftarkan blog ke google khususnya ke google webmaster telah dibahas ditulisan sebelumnya. Hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mendaftarkan kedua nama domain tersebut di google dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun google webmaster kita
  2. Daftarkan kedua nama domain blog kita (misalnya bloggerpemula.info dan www.bloggerpemula.info)
  3. Bila salah satu nama domain sudah pernah kita verifikasi, maka verifikasi nama domain kedua lebih mudah. Klik saja “Verify” dan tidak perlu menambahkan meta maupun halaman baru.
  4. Klik salah satu nama domain untuk masuk ke dashboard domain tersebut
  5. Klik “Site Configuration – Setting”
  6. Di bagian “preferred domain” pilih salah satu:
  • Don’t set a preferred domain – Bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mangarah pada 2 blog atau situs yang berbeda
  • Display URLs as www.bloggerpemula.info – Bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mengarah pada satu blog yang sama dan ditampilkan dengan awalan WWW di hasil pencarian.
  • Display URLs as bloggerpemula.info – bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mengarah pada satu blog yang sama dan ditampilkan tanpa awalan WWW di hasil pencarian.

TIPS Tambahan:

  1. Untuk mengecek apakah kedua nama domain tersebut sudah mengarah ke blog kita, coba ketikkan masing-masing alamat URL blog kita tanpa WWW maupun dengan awalan WWW. Bila salah satunya error atau tidak ditemukan, lakukan redirect nama domain yang error tersebut di penyedia layanan domain atau di akun wordpress kita. Untuk cara redirect ini silahkan tinggalkan komentar bila butuh bantuan.
  2. Cek Page Rank kedua nama domain tersebut apakah sama atau tidak. Hal ini hanya bisa dilihat bila salah satu domain sudah memiliki PR
  1. April 24, 2011 at 4:16 am

    saya baru saja dpt kasus ini pd blog saya ternyata waktu ferifikasi saya hanya sekali menyertakan url tanpa www dan yg saya dpt ketika mencari di search engine dg site:www.domain.com satupun tak terindex😦 padahal klo dg site:domain.com bisa, cuma saat ferifikasi ulang masih harus nunggu😦

    makasih tipnya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: