Home > Teknologi Informasi, Tips dan Trik > TIPS Memilih Platform Software Blog

TIPS Memilih Platform Software Blog

platform-platform blogMemilih platform blog harus kita lakukan sebelum mulai ngeblog. Meskipun kita dapat merubah pilihan platform blog kita di kemudian hari (kita dapat meng-import dan meng-export postingan dari platform satu ke platform yg lainnya) biasanya ada “efek samping” dari transfer ini. Bukan hanya masalah biaya, namun kita harus mengubah nama domain blog kita, yg mana akan berdampak pada traffic blog kita. Karena itu sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum kita memilih platform blog.

2 Jenis Platform Blog

  1. Platform Software Blog Hosting Gratisan (Hosted Blog Platform).
  2. Platform Software Blog Hosting Gratisan adalah platform blog di mana semua data dan “interface” penulisan berada di server perusahaan penyedia software blog.

    Perusahaan ini selain menyediakan software juga menyediakan hosting bagi blog kita di  domain mereka. Setelah kita mendaftar, mereka akan memberikan kita url yg biasanya kombinasi dari domain mereka dan nama blog kita sebagai subdomain. Misalnya : http://goblogmonetize.blogspot.com

    Kita dapat melihat bahwa struktur alamat tsb terdiri dari 2 elemen, nama blog pemilik lalu diikuti nama blogspot.com yang merupakan domain utama yang disediakan oleh penyedia software blog, yaitu blogger.com

    Tipe ini seringkali dipakai oleh blogger pemula yg baru mulai belajar, karena mudah dan murah (bahkan gratis). Yang paling populer adalah Blogger.com, WordPress.com, MSN Spaces, dan TypePad yang juga menyediakan software blog untuk hosting sendiri.

    Keuntungan lain dari tipe platform ini adalah blog kita otomatis terupdate bila software platform melakukan update. Blog kita juga lebih mudah ter ”index” di search engine karena nama domain penyedia platform blog ini sudah berada pada page rank yang lumayan bagus.

  3. Platform Software Blog Hosting Sendiri (Stand Alone / Independent Blog Platform)
  4. Platform software blog hosting sendiri adalah platform blog dimana software blog harus diinstall di hosting kita sendiri dan menggunakan nama domain milik kita sendiri. Beberapa di antaranya adalah WordPress.org, MovableType, PMachine, Greymatter, B2Evolution, TextPattern dan Expression Engine.

Berdasarkan 2 jenis tipe platform software blog diatas, tipe platform blog mana yang paling tepat untuk kita? Dan platform blog mana yang paling baik? Berikut adalah TIPS dalam memilih platform software blog:

  1. Sesuaikan Dengan Maksud dan Tujuan Kita Ngeblog
  2. Yang pertama kita harus pertimbangkan adalah apa maksud dan tujuan kita ngeblog. Bila ingin membuat blog tanpa ada tujuan monetasi maka hosted blog platform WordPress.com sudah cukup. Namun bila kita ingin melakukan monetasi maka hosted blog platform Blogger.com sudah ada fasilitas tersebut. Dan bila kita ingin jadi blogger serius dan ingin membuat blog bisnis tidak hanya sekedar monetasi, maka sebaiknya memilih stand alone platform blog danWordPress.org adalah yang paling baik saat ini.

  3. Pertimbangkan budget yang kita miliki
  4. Tipe Hosted Blog Platform umumnya gratis untuk pemakaian software blog, nama domain dan hosting seperti Blogger.com dan WordPress.com, sedangkan Stand Alone Blog Platform sebagian gratis seperti WordPress.org yang menawarkan platform gratis tapi kita harus mencari dan memakai hosting dan nama domain sendiri sedangkan sebagian menarik bayaran untuk pemakaian software blog seperti MovableType yang mengharuskan kita membayar lisensi platform mereka (tergantung berapa banyak blog yg kita punyai dan juga tipe blog kita apakah komersial – pribadi – pendidikan atau penggunaan non profit) dan juga kita harus membayar nama domain dan hostingan kita sendiri. Jadi bila kita sudah memiliki nama domain sendiri dan hosting sendiri sebaiknya memilih WordPress.org yang gratis.

  5. Kemudahan Instalasi Software, Setup Blog, dan Pemakaian
  6. Untuk tipe hosted blog platform kita tidak perlu melakukan instalasi dan biasanya proses setup blog hanya membutuhkan beberapa menit saja. Hanya mengisi form, memilih beberapa option kemudian menentukan desain template blog anda. Ini ideal bagi kita yg tidak mengerti atau baru belajar blogging. Untuk tipe stand alone kita harus melakukan instalasi di hosting yang kita miliki dan setup blognya membutuhkan waktu lebih lama. Namun sebagian besar hosting mendukung platform blog wordpress.org dengan menyediakan fitur instalasi mudah, dan setup blog yang sama dengan hosted blog platform. Setelah melalui proses setup, mereka biasanya mudah dalam pemakaian. Kita hanya perlu beberapa fitur dasar yg biasanya user friendly. Mem-posting semudah mengisi kotak kosong lalu mempublikasikannya.

  7. Kebebasan melakukan konfigurasi
  8. Menggunakan tipe hosted blog platform berarti harus mematuhi T.O.S yang diberikan oleh penyedia platform blog, selain itu banyak konfigurasi yang tidak bisa dilakukan. Contohnya Blogger.com tidak memiliki fitur utk penggolongan sesuai kategori, WordPress.com memberi pilihan desain template blog terbatas dan tidak memperkenankan perubahan desain yang ada, sedangkan TypePad menyediakan fitur-fitur sesuai level yg kita beli. Bila kita butuh melakukan konfigurasi dengan bebas maka sebaiknya memilih platform blog stand alone.

  9. Perhatikan Tools dan Fitur Yang Ditawarkan
  10. Tools dan fitur yang ditawarkan pada tipe hosted blog platform seringkali tidak cukup untuk membantu kita ngeblog. Sebagai blogger pemula, kita mungkin tidak memerlukan ini – tapi tools ngeblog akan sangat membantu kita dalam hal monetasi, optimasi, dan promosi blog kita. Ojr.org membuat chart yang bagus mengenai perbandingan beberapa platform blog berdasarkan fitur-fitur yang disediakan berupa “Blog software comparison chart

    Berdasarkan tools dan fitur-fitur yang ditawarkan Toptenreviews, menempatkan  WordPress.org sebagai blog terbaik 2009 dalam “2009 Blog Software Review Product Comparisons

  11. Lihat Popularitas Platform Software Blog Tersebut
  12. Darren Rowse melakukan polling di blognya untuk melihat platform blog apa yang paling banyak digunakan, dan  WordPress.org berada di urutan pertama.

    Wordpress-most-popular-blog-platformsplatform blog paling banyak digunakan

     

  13. Platform software Blog apa yang digunakan para blogger sukses.
  14. Pingdom melakukan penelitian terhadap 100 blog ngetop untuk mengetahui platform blog apa yang mereka gunakan, dan wordpress.org adalah yang paling banyak digunakan blog ngetop.

    most popular platform by 100 top blogplatform blog terpopuler

     

    Siapa yang menggunakan dan merekomendasikan platform software blog tersebut. Meski sering dikatakan bahwa serius blogger tidak akan menggunakan hosted blog platform, tapi banyak juga blogger yg sangat sukses dgn hosted blog platform mereka. Misalnya Robert Scoble di WordPress.com, Post Secret di Blogspot blog (blogger.com) dan Hack MSN Spaces di MSN Spaces. (semua ini termasuk dalam Top 500 at Feedster). Namun kebanyakan blogger yg masuk dalam Top 50 di Feedster menggunakan tipe stand alone blog, dan terbesar adalah WordPress.org.

Kesimpulan

Bila kita belum mempunyai hosting sendiri dan belum mempunyai cukup dana untuk menyewa hosting, maka blogger.com adalah pilihan terbaik karena sudah memperbolehkan kita melakukan monetasi. Namun memiliki nama domain sendiri adalah hal yang paling utama, dan bisa kita redirect ke nama subdomain yang diberikan oleh blogger.com. Sebelumnya blog ini juga menggunakan blogger.com dengan nama subdomain goblogmonetize.blogspot.com dan diredirect ke bloggerpemula.info. Namun setelah memiliki hosting sendiri, maka WordPress.org adalah pilihan terbaik, karena sangat SEO friendly dan banyak pilihan themes yang bisa digunakan. Saat ini blog ini sudah menggunakan hosting sendiri dan platform software WordPress.org.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: