Home > Blogger, Teknologi Informasi, Teknologi Informasi, Tips dan Trik > 6 Strategi Menulis Artikel Pilar Sebagai Konten Blog

6 Strategi Menulis Artikel Pilar Sebagai Konten Blog

Isi + Marketing = Traffic

Setelah memilih niche topik  blog kita, langkah berikutnya adalah bekerja pada 2 pondasi dasar blog sukses yaitu membangun konten blog dan memasarkan blog. Untuk membangun konten blog, dibutuhkan tulisan yang berkualitas dengan membuat artikel pilar. Namun untuk membuat blog yang sukses dibutuhkan promosi blog dengan membuat alur komunikasi dan akan kita bahas dibagian lain. Alur komunikasi ini yang akan membawa orang ke Artikel Pilar kita.

Pemasaran pada dasarnya adalah komunikasi dan pemasaran merupakan cara membangun alur komunikasi yang akan membawa orang lain ke blog kita. Jika orang tidak tahu blog kita ada, tidak peduli seberapa baik konten tulisan kita, kita tidak akan mendapatkan pengunjung. Kita harus memiliki keduanya yaitu Artikel pilar dan Alur komunikasi untuk berhasil. Apa itu artikel pilar, apa manfaat artikel pilar sebagai kontent blog, dan bagaimana strategi menulis artikel pilar?

Apa Itu Artikel Pilar?

Pilar ibarat tiang untuk membangun blog kita. Artikel pilar adalah tulisan blog, yang biasanya sebuah artikel, yang merupakan beberapa hal yang sangat penting. Tulisan Pilar atau Artikel Pilar, merupakan dasar untuk blog yang baik. Artikel pilar ini merupakan alasan mengapa orang ingin membaca blog kita di urutan pertama. Artikel pilar adalah nilai yang kita tawarkan kepada publik.

Apa Manfaat Artikel Pilar Sebagai Kontent Blog?

Artikel pilar akan membawa pembaca baru kembali dengan cepat dan membuat mereka jadikan link balik (situs lain yang terhubung ke blog kita). Artikel pilar akan terus membawa lebih banyak pembaca dari waktu ke waktu yang kita dan orang lain rujuk ke sana, meskipun mungkin terkubur dalam arsip blog kita. Akhirnya tentu akan membawa trafik dari mesin pencari (hal ini terutama karena banyak link ke halaman webnya). Kita bisa membuat daftar di bagian yang terpisah (seperti halaman blog) bersama dengan artikel pilar lainnya sehingga konten terbaik blog kita mudah diakses dan dengan jelas menunjukkan nilai kita. Hal ini tidak tergantung waktu, jadi dalam dua belas bulan ia akan tetap relevan dan populer.

Bagaimana Strategi Menulis Artikel Pilar?

Tidak ada rumus tepat untuk pembuatan artikel yang akan menjadi pilar, namun ada beberapa karakteristik kunci yang bisa kita gunakan. Kita mungkin akan terkejut ketika artikel kita ternyata menjadi artikel pilar ketika kita tidak harapkan atau malah tidak memberikan trafik sama sekali padahal kita sudah menulis sebaik mungkin.

Berikut adalah beberapa strategi dan konsep karakteristik artikel pilar yang bisa jadi tulisan diblog kita:

  1. Artikel TIPS atau “Bagaimana Cara…”
  2. Ini adalah konsep artikel pilar pokok. Pikirkan tentang kompetensi kita dan tulis artikel yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu yang berhubungan dengannya. Sebaiknya tulis artikel TIPS tentang topik yang kita benar-benar memahami caranya dan pernah melakukannya atau mengalaminya. Sebagai contoh: Jika kita seorang konsultan pemasaran, tulislah beberapa saran tentang cara untuk memasarkan bisnis tanpa menggunakan uang. Jika kita membuat blog tentang anjing, tulislah bagaimana memilih nama anjing yang sesuai. Jika kita blog tentang cara menulis buku, buat sebuah panduan bagaimana-untuk mendapatkan penerbit. Jika blog kita tentang makanan, tulis resep panduan bagaimana menyiapkan hidangan populer.

    Jika blog kita tentang kehidupan, tulis panduan pengembangan diri dari kehidupan yang telah kita pelajari (contohnya Bagaimana kita mendapatkan pekerjaan, bagaimana kita menghadapi masalah putus dengan pacar, dll).

    Sebaiknya kita menentukan dengan jelas secara wajar topik yang populer dan relevan dengan pembaca dan yang kita merasa mampu menjelaskannya dengan baik. Ingat, sebaiknya berikan sebuah contoh cerita jika kita bisa.

  3. Artikel “Definisi…” atau “Pengertian …”
  4. Banyak keahlian memiliki konsep kunci yang baru yang pembaca kemungkinan tidak tahu. Jika sebuah konsep rumit, buat sebuah artikel pilar yang mendefinisikan konsep, yang secara jelas menjelaskan apa arti konsep tersebut dan bagaimana konsep tersebut dapat dilaksanakan. Mungkin definisi tersebut kelihatannya sederhana dan jelas bagi kita, tapi ingat kita mungkin seorang yang ahli dalam bidang itu namun orang lain tidak, jadi jelaskan ke pemula tentang istilah tersebut secara sederhana dan, tentunya, coba tambahkan sebuah cerita sebagai contoh.

    Sebuah halaman atau tulisan yang berisi beberapa definisi adalah artikel pilar yang baik. Jika terdapat sedikit konsep kunci dalam industri kita, tulis artikel yang berisi daftar konsep dan sediakan satu definisi untuk masing-masing. Sebuah halaman sumber informasi seperti ini baik sebagai acuan dan sering dijadikan acuan balik oleh blogger dan situs lain.  Kita mungkin berkata mengapa harus repot membuat daftar istilah ini jika kebanyakan istilah sudah ditentukan di tempat lain pada situs-situs seperti Wikipedia? Tidak masalah jika kita membuat link ke situs-situs lain untuk definisi, terutama dalam jangka pendek bila baru mulai membuat blog, namun lebih baik jika kita nantinya menulis definisi sendiri. Hal ini menjaga pembaca tetap di blog kita, dan akan meningkatkan pageviews (jumlah total halaman pembaca melihat blog kita) dan lama kunjungan (berapa lama pembaca tinggal di blog kita). Kita dapat menjelaskan konsep dengan kata-kata kita sendiri, atau menggunakan cerita yang unik dan mungkin dengan suara kita. Ini akan membantu untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan. Akan selalu lebih baik jika kita memasukkan definisi versi kita sendiri jika kita mampu menjelaskan istilah atau konsep tersebut, daripada link ke situs lain dan mengarahkan trafik menjauh dari blog kita.

  5. Artikel berupa Teori, Opini Atau Pendapat
  6. Jika blog kita tentang politik, menulis artikel yang membahas teori kita tentang komunisme, demokrasi atau kapitalisme akan dapat menjadi artikel pilar besar.

    Satu hal yang penting di sini adalah menyampaikan beberapa pemikiran kita yang unik. Berikan pendapat tentang isu utama dalam keahlian kita, atau bahkan pada topik utama yang kita duga akan membuat pembaca berminat. Coba untuk tidak hanya memberikan pengulangan apa yang dikatakan orang lain dan hadirkan secara jelas pendapat kita sendiri. Merangsang percakapan, mungkin kontroversi, tentang topik yang sering didiskusikan dan tidak bergantung waktu akan menarik trafik ke blog kita.

  7. Artikel berupa ebook gratis (free report, e-course, atau whitepaper)
  8. Sebuah dokumen seperti whitepaper (dokumen kecil, 2-10 halaman, yang mengajarkan bagaimana melakukan …) atau seri artikel yang digabungkan untuk menghasilkan e-course, adalah artikel pilar yang sangat baik. Kita punya beberapa pilihan untuk membuat Ebook ini, seperti: membuat file PDF yang mana semua pembaca bisa download. Manfaat dari metode ini adalah file dapat dengan mudah dishare (diteruskan melalui email misalnya) dan kita bisa mendapatkan keuntungan dari efek viral marketing, terutama jika kita menghasilkan e-book atau laporan berkualitas. Tulis isi ebook dalam beberapa tulisan blog dan hubungkan antar tulisan tersebut. Kita dapat juga menyorot mereka sebagai seri yang berdiri sendiri di arsip atau halaman artikel.

    Satu hal penting tentang konsep ini adalah dengan membuat solusi lengkap (semua-dalam-satu ebook) untuk masalah yang umum. Serupa dengan artikel TIPS, sumber gratis adalah konsep pilar yang sangat kuat  karena menunjukkan keahlian kita dan membawa trafik secara konsisten.

  9. Artikel Berupa DaftarAnda mungkin melihat ada banyak contoh di blog ini. Judul yang biasa adalah “7 Cara Untuk | atau 10 Tips Untuk Memilih | dll”. Cara ini cukup baik dengan beberapa alasan:
    • Daftar mudah dicerna oleh manusia.
    • Ini telah diuji dan dibuktikan bahwa artikel dengan jumlah kata 300-700, bila dibuat dengan daftar berupa titik, angka, panah, dll dan judul yang baik akan menarik trafik sangat banyak. Hal ini penting untuk pengunjung yang tidak punya cukup waktu untuk membaca semua artikel, dan hanya membaca poin-poin dari tulisan kita saja.

    • Daftar secara langsung dapat diterapkan.
    • Orang biasanya senang berbagi daftar dengan orang lain. Konsekuensinya, artikel berupa daftar sering dijadikan link oleh blogger lain dan ditambahkan ke situs pertemanan (social bookmarking), yang meningkatkan trafik. Berikan daftar diikuti semua standar konsep artikel pilar yaitu: “tidak tergantung waktu, isi orisinil, ide pemecahan masalah” dan bisa diterapkan secara langsung oleh pembaca, maka sebagian besar tulisan berupa daftar akan menjadi artikel pilar. Berhati-hati dalam membuat daftar pada topik yang telah dibahas dengan baik oleh orang lain atau pada konsep yang sangat sederhana. Seperti biasa semakin kita memasukkan cerita atau gaya penulisan yang unik, semakin besar kemungkinan daftar kita akan bekerja dengan baik.

  10. Artikel berupa cetak biru teknis
  11. Sebuah cetak biru teknis (technical blueprint) hamper sama dengan artikel TIPS (how-to whitepaper), tetapi terfokus pada aspek teknis dari sebuah masalah. Blogger yang terfokus pada teknologi sangat cocok membuat artikel berupa cetak biru ini, karena mereka suka menggunakan grafik, spreadsheet dan gambar untuk mendemonstrasikan bagaimana melakukan sesuatu. Artikel cetak biru adalah langkah demi langkah, yang secara visual mempercantik tulisan, dan mendemonstrasikan bagaimana secara tepat untuk melakukan sesuatu atau menyelesaikan suatu tugas. Seringkali gambar menceritakan lebih baik dari sekedar kata-kata. Desainer dan programer menggunakan gaya tulisan blog seperti ini untuk menunjukkan bagaimana mereka membuat kode suatu situs, mendesain gambar menggunakan photoshop, membuat kode software, atau kegiatan sederhana seperti bagaimana melampirkan attachment di email. Kita dapat menerapkan prinsip ini untuk hampir semua hal kegiatan yang memiliki tugas umum yang mungkin kompleks untuk dipahami. Dalam hal ini lebih banyak gambar dan hanya sedikit penjelasan. Jika kita memiliki akses ke sumber daya yang diperlukan, membuat posting blog dengan gaya cetak biru yang menunjukkan bagaimana melakukan sesuatu dengan jelas adalah konsep artikel pilar yang sempurna.

Kesimpulan

Cara-cara diatas ini mencakup beberapa konsep artikel pilar yang paling mendasar dan yang kuat yang dapat diterapkan ke blog kita dan langsung kita tes. Jika kita menulis artikel setiap hari menggunakan salah satu konsep di atas, kita akan memiliki landasan yang solid untuk membuat blog yang sukses. Yang perlu kita tambahkan tinggal memasarkan blog kita.

  1. April 5, 2011 at 12:06 am

    infonya bgus bget, mgkin dgn konsep yg baik blog kt g mbosenin

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: