Home > Belajar, Linux > Nginstal LAMPP di Ubuntu

Nginstal LAMPP di Ubuntu

rukerLaptop bu ‘programmer lagi rusak, semingu ini uring-uringan karena nggak bisa mrogram. Salama ini laptop itu pake Windows XP, tapi kayaknya terserang Virus jadi kerjanya lemot dan menjengkelkan. Akhirnya di install ulang dengan XP SP2 pinjem CD punya Pak Timbul (sori ya om Bill Gates nggak izin kekekekee). Entah kenapa waktu di install XAMP apache nya nggak jalan dengan pesan port busy. Dua kali di install ulang kasusnya sama. Herannya pake CD yang lama bisa padahal sama-sama pake XP SP2, CD XP yang lama udah rusak di kirian CD Dora sama si Kecil . Akhirnya Laptop bu ‘programmer’ di install Ubuntu 7.10. Kemudian download LAMP nya disini ukurannya sekitar 57.9 MB. Setelah di tinggal seharian akhirnya selesai juga download tan nya. Kalo udah di download nama filenya xampp-linux-1.6.6.tar.gz. Berikut dokumentasi instalasi LAMPP di Ubuntu 7.10.

1. Masuk sebagai root, ekstrak file xampp-linux-1.6.6.tar.gz ke folder /opt.

install1

proses extrak

processinstall

2. Ubah direktori lampp pada folder /opt menjadi 775

instalasi2

3. Jalankan LAMP melalui terminal sebagai root dengan mengetikan : /opt/lampp/lampp start untuk menghentikannya ketikkan /opt/lampp/lampp stop.

4. Jalan kan dengan perintah http://localhost

browse xampp

Disini LAMPP menjalankan service http server (apache2), database server (mysql 5), Server Side Scripting (PHP 5 dan Perl), FTP service (ProFTP).

Nah sekarang bu ‘programmer’nya senyum-senyum aja, kompi nya udah bisa di pake mrogram, maklum lagi banyak job…

Categories: Belajar, Linux Tags: , , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: