Home > Blogger, Teknologi Informasi, Tips dan Trik > Cara Memilih Produk Di Clickbank

Cara Memilih Produk Di Clickbank

Memilih Produk Di ClickbankMemilih Produk Affiliate Marketing Untuk Monetasi Blog bisa kita lakukan di beberapa situs. Jutaan hingga milyaran produk yang dipasarkan melalui program afiliasi (affiliate marketing) saat ini tersebar di mana-mana di Internet. Dalam TIPS Memilih Produk Affiliate Marketing kita bahas untuk tidak memilih produk fisik (hard product), dan produk yang paling baik adalah produk nonfisik (soft product), atau yang lebih spesifik adalah produk informasi atau yang dapat di download. Salah satu alasannya yaitu sesuai dengan poin 3 dalam TIPS Memilih Produk Afiliasi mengenai besarnya komisi dari produk ini yang bisa hingga 100% bahkan lebih dan kita hampir tidak butuh modal untuk itu.

Dari sekian banyak situs, ada satu situs yang merupakan tempat terbaik untuk mencari produk informasi yang dapat didownload seperti itu terutama bagi blogger pemula seperti kita. Pilihan tempat terbaik tersebut adalah clickbank karena sudah memenuhi beberapa TIPS-TIPS Memilih Produk Affiliate Marketing.

Langkah memilih produk di clickbank

Langkah 1: Masuk ke situs clickbank

Silahkan langsung kunjungi situs clickbank atau klik logo clickbank diatas.

Langkah 2: Masuk ke bagian “Marketplace” clickbank

Klik di bagian “Marketplace” dan akan tampil daftar kategori produk yang bisa kita pilih.

memilih-produk-clickbank-1

Langkah 3: Pilih kategori produk

Pilih salah satu kategori yang kita minati atau lebih baik lagi jika kita punya keahlian dan banyak pengetahuan pada salah satu kategori yang ada. Atau cukup masukkan keahlian atau apa yang kita minati di kolom keywords lalu klik saja “GO”. Bila sama sekali tidak ada, sebaiknya pilih kategori “Business to Business” karena kategori ini yang umumnya memberikan penjualan terbaik. Dari sini akan tampil semua produk berdasarkan urutan popularitasnya.

memilih-produk-clickbank-2

Langkah 4: Perhatikan statistik/data yang berada dibawah masing-masing produk.

memilih-produk-clickbank-3

Contohnya untuk no 1:

memilih-produk-clickbank-4

$/sale: $37.62 | Future $: 103.36 | Total $/sale: $136.80 | %/sale: 50.0% | %refd: 85.0% | grav: 398.84

  • $/sale: $37.62 adalah jumlah yang akan kita hasilkan jika kita mempromosikan produk mereka dan membuat penjualan. $37.62 tentunya jumlah yang lebih baik dibandingkan bila kita menjual produk fisik yang biasanya hanya memberikan $5.00 :-)
  • Future $: 103.36 adalah biaya per bulan untuk produk yang pembelian atau pembayarannya berupa sistem tagihan bulanan, misalnya biaya keanggotaan untuk training. Ini adalah produk yang sangat baik untuk di promosikan, karena kita juga memiliki peluang untuk mendapat komisi bulanan.
  • Total $/sale:136.80 adalah jumlah uang yang akan kita hasilkan bila kita menjual produk tersebut pada hari itu. Bedanya dengan $/sale adalah $/sale merupakan jumlah rata-rata, termasuk pengembalian atas pembayaran yang telah dilakukan pelanggan.
  • %/sale:50% adalah persentase komisi. Jadi, jika produk berharga $100, maka kita akan memperoleh $50 per penjualan.
  • %refd: 85% adalah persentase penjualan produk yang dilakukan oleh affiliate mereka. Untuk contoh di atas, 50% penjualan produk mereka dilakukan oleh affiliate.
  • Grav: 398.84 merupakan singkatan dari gravity. Ini adalah jumlah affiliate yang telah melakukan 1 atau lebih penjualan produk ini dalam 8 minggu terakhir. Jumlah ini perlu kita ketahui karena sangat membantu untuk informasi peluang menjual produk ini. Pada contoh di atas kita bisa ketahui bahwa 398.84 orang berhasil melakukan penjualan produk ini dalam 8 minggu terakhir. Wow.. berarti sangat memungkinkan untuk menjual produk ini sebagai affiliate.

Langkah 5: Seleksi produk berdasarkan 4 poin data statistik.

Dari nilai diatas yang perlu kita perhatikan hanya 4 hal, yaitu:

  1. Urutan popularitas produk tersebut.
  2. Untuk produk diatas berada pada urutan pertama, ini tentunya produk yang sangat kompetitif untuk kita promosikan sebagai blogger pemula. Begitu juga dengan produk nomor 2. Sebaiknya kita mulai dari nomor 3 dan seterusnya.

  3. Nilai Total $/sale
  4. Tentunya akan menjadi motivasi yang baik bila kita tahu berapa banyak yang bisa kita hasilkan dari penjualan satu produk tersebut. Kita bisa memilih nilai total $/sale berapapun, dan jangan berpikir orang tidak akan membeli produk yang berharga mahal karena kita tidak bisa membelinya. Orang lain mungkin punya lebih banyak dana dibanding kita, jadi bukan berarti jika kita tidak bisa membeli suatu produk berarti orang lain juga tidak.

  5. %/sale
  6. Sebaiknya promosikan produk yang memiliki minimum 50%/sale, dan jangan khawatir karena hampir semua produk di clickbank memiliki %/sale lebih dari 50%.

  7. Gravity
  8. Ini adalah salah satu hal paling penting dari suatu produk, yang menandakan peluang kita untuk menjual suatu produk. Makin besar nilai ini akan makin bagus, yang menandakan sudah banyak orang yang berhasil menjual produk tersebut. Kuncinya adalah jika orang lain bisa, mengapa kita tidak? Kita pasti bisa melakukan apa yang mereka lakukan. Jika perlu, kita copy apa yang mereka lakukan agar berhasil.

Langkah 6: Seleksi produk berdasarkan halaman penjualan (pitch page).

Lihat halaman penjualan setiap produk yang menarik berdasarkan kriteria 4 point diatas, dengan klik pada link “view pitch page”. Produk-produk ini disusun berdasarkan urutan produk yang paling banyak menghasilkan uang hingga produk yang paling sedikit menghasilkan uang pada affiliate. 3 hal yang perlu kita perhatikan pada halaman promosi penjualan suatu produk adalah:

  • Desain halaman dan tulisan.
  • Lihat apakah desain halaman dan tulisannya cukup professional atau hanya dibuat seadanya. Lihat juga apakah ada logo headernya. Jika desainnya terlihat amatiran atau bahkan gratis, tentunya produk ini tidak berhasil terjual dengan baik.

  • Ada Form Opt In (Input Data Pelanggan)
  • Ini adalah form di mana pemilik produk mengumpulkan nama dan email pengunjung sehingga mereka bisa melakukan follow-up pada pengunjung dan mencoba menjual produk mereka. Ini tentunya memperbesar peluang produk tersebut laku terjual.

  • Ada banyak testimoni atau bukti hasil
  • Apakah ada banyak testimoni atau bukti hasil di halaman penjualan maupun link yang menunjukkan keberhasilan produk tersebut. Hal ini bisa berupa tulisan dari pelanggan yang puas, gambar bukti penghasilan, video yang menunjukkan kesuksesan, dll. Jika tidak ada atau hanya sedikit testimoni, berarti produk tersebut kemungkinan besar tidak terjual dengan baik dan tentunya kurang baik untuk kita promosikan.

Beberapa contoh produk yang memiliki halaman penjualan yang sangat baik dan memenuhi kriteria di atas adalah:

Silahkan kunjungi situs-situs diatas untuk melihat bagaimana contoh halaman penjualan yang baik.

Langkah 7: Catat Produk yang dipilih.

Setelah mendapatkan minimal 10 produk berdasarkan kriteria di atas, buat file excel dengan 4 kolom Tanggal, Nama Produk, Urutan popularitas, dan Gravity dan catat nama produk, urutan popularitas, dan tanggal hari ini dalam file excel yang telah kita buat.

memilih-produk-clickbank-6

Langkah 8: Amati urutan popularitas dan gravity dari 10 produk tersebut minimum 1 minggu.

Hal ini penting, untuk mendapatkan produk yang benar-benar tepat karena suatu produk bisa saja memiliki popularitas tertinggi pada hari ini, namun berubah pada esok hari, minggu depan, atau bulan depan. Begitu pun dengan gravity, dimana bisa saja suatu produk berhasil dijual banyak pada hari ini, dan meningkat atau menurun dalam beberapa hari. Sementara Nilai Total $/sale dan %/sale umumnya tidak banyak perubahan selama beberapa minggu/bulan.

Makin lama kita bisa lakukan ini, makin yakin kita produk tersebut menguntungkan dan tepat untuk dipromosikan.

Langkah 9: Pilih Produk Dengan Gravity Meningkat / Tetap

Setelah seminggu, lihat gravity produk yang meningkat secara drastic atau menurun secara drastis. Bila makin meningkat berarti makin banyak orang mempromosikan dan berhasil menjual produk ini. Jika tidak tentunya nilai gravity akan makin menurun.

Pilih 3-5 produk dari 10 produk tersebut untuk kita promosikan di blog kita.

Langkah 10: Daftar sebagai Affiliate Tiap Produk Pilihan.

Klik pada link “Hoplink” untuk mendaftar sebagai affiliate untuk produk tersebut, dan akan tampil halaman Hoplink

memilih-produk-clickbank-7

Masukkan nickname clickbank kita, dan klik create. Tracking ID bisa kita tentukan sendiri, atau kita kosongkan dan akan dibuatkan otomatis. Bila belum punya akun clickbank, silahkan langsung daftar di sini. Setelah klik create, link afiliasi akan ditampilkan dan link ini yang akan kita gunakan untuk promosi di blog kita.

memilih-produk-clickbank-8

Kesimpulan

Dalam banyak kasus, setelah 1 minggu, biasanya tidak ada perubahan yang berarti pada urutan popularitas maupun gravity. Namun ini bisa memberikan kita sedikit kejelasan apakah suatu produk baik untuk dipromosikan atau tidak. Jika kita bisa melakukannya dalam 2 – 3 bulan, akan lebih jelas apakah sudatu produk baik atau tidak untuk dipromosikan.

Mungkin kita merasa ini memakan waktu dan sangat lama, dan kita tidak punya cukup waktu untuk mengecek statistik suatu produk setiap hari dalam waktu 2 – 3 bulan. Karena itu kita perlu memanfaatkan software untuk melakukan itu, dan banyak affiliate sukses yang sudah memanfaatkan software. Software yang paling baik saat ini adalah affiliate elite yang membantu kita melakukan pengamatan terhadap produk di clickbank. Kita tidak akan membahas tentang software ini, jadi silahkan kunjungi langsung ke situs affiliateelite untuk lebih detail apa saja kelebihan dari software tersebut

  1. August 17, 2011 at 6:15 pm

    Bagus artikel nya mas, mkasih banyak sharing nya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: