Home > Blogger, Tips dan Trik > Perlukah Sitemap Untuk Blog ?

Perlukah Sitemap Untuk Blog ?

Jika kita blogwalking mencari tutorial SEO untuk blog, banyak blog menyarankan untuk membuat sitemap. Saya juga pernah membuat sitemap blog saya di google, katanya sih biar cepat terindeks. Tapi apakah betul blog kita memerlukan sitemap?

Sebelum pembahasan lebih lanjut, ada baiknya kita pahami dulu apa itu sitemap.

Sitemap adalah sebuah halaman web yang berisi semua link yang ada di blog atau website kita.

Kapan sitemap diperlukan?

Ketika internet pertama kali muncul, yang ada hanyalah kode-kode HTML statis halaman web. Hanya ada teks sederhana dan gambar dari halaman konten. Banyak situs web masih sangat sederhana, tidak banyak halaman yang ada. Paling banyak hanya 10 halaman saja. Karena jumlah halaman yang sedikit, maka search engine tidak mengalami kesulitan untuk mengindeks semua isi dari web tersebut.

Namun, sekarang pertumbuhan beberapa situs sangat pesat dan semakin profesional. Bahkan ada situs yang mengandung ribuan halaman web. Nah, dari sini muncul masalah. Search engine kesulitan untuk mengindeks semua halaman web tersebut. Maka search engine meminta sebuah sitemap untuk memudahkan tugasnya.

Seperti sudah dijelaskan diatas, sebuah sitemap memudahkan kerja search engine untuk mengindeks semua konten sebuah website. Dengan adanya halaman yang berisi semua link yang ada di website tersebut, maka penjelajahanpun dapat dilakukan dengan mudah.

Itu dulu, sekarang search engine sudah modern. Mereka dapat bekerja lebih canggih dan efisian. Mereka bisa mengindeks seiap halaman situs jika pada halaman tersebut mencantumkan link ke halaman yang lain. Ya, meskipun sitemap masih disarankan tapi sepertinya tidak lagi diperlukan.

Untuk optimasi blog anda, setiap anda memposting artikel baru anda sertakan link ke posting anda yang lain. Tentu yang topiknya masih relevan biar gak aneh. Gunakan link teks sederhana dan hindari menggunakan link javascript. Selain itu gunakan juga keyword dalam setiap postingan anda, dan selalu gunakan url yang mudah diingat. Dan selalu sertakan meta tag untuk posting anda tesebut.

Jika anda melakukan ini, sitemap tidak lagi diperlukan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: