Home > Blogger, Tips dan Trik > Tips Mempunyai Banyak Follower

Tips Mempunyai Banyak Follower

Jika kita senang ngeblog, kita pasti akan senang jika banyak yang mengunjungi blog kita. Membaca apa saja yang kita tulis dan memberikan tanggapan terhadap tulisan kita. Selain itu, kita juga akan senang jika banya orang diluar sana yang menjadi follower blog kita. Yah, paling tidak kita merasa blog kita disenangi oleh banyak orang dan mungkin banyak orang yang menunggu update blog kita.

Namun untuk mendapatkan banyak follower bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak blog yang hanya memiliki sedikit follower (blog ini misalnya). Ini mengindikasikan bahwa mungkin blog kita kurang begitu dinikmati dari sisi kontennya.

Muter-muter blogwalking, saya mencari tips agar bisa menaikan jumlah follower blog saya. Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber yang saya baca untuk menaikan jumlah follower blog, terutama bagi mereka yang menggunakan google friend connect.

1. Sering-seringlah blogwalking dan menjadi follower blog lain.
Jika kita sering mengunjungi blog lain dan memberikan komentar yang potitif, serta kita juga menjadi follower blog lain mungkin pemilik blog-blog yang kita kunjungi akan memberikan reaksi yang positif pula. Jejak yang kita tinggalkan di blog mereka bisa menjadi “jembatan” meraka untuk mengunjungi blog kita. Dan jika mereka merasa tertarik dengan konten blog kita, kemungkinan besar mereka akan menjadi follower blog kita juga, paling tidak sebagai ucapac terima kasih atau balas budi…hehehe….

2. Pilih nama blog yang unik.
Nama yang unik berguna untuk menjaring rasa penasaran. Biasanya orang akan melihat sesuatu yang membuat dirinya penasaran. Bisa dari nama blog atau judul posting yang mengundang, tetapi jangan lepas dari isi blog secara keseluruhan.

3. Berikan komentar yang positif.
Seperti jika kita sedang ngobrol dengan teman kita, kita akan selalu menjaga etika dan tata krama untuk menjaga perasaan lawan bicara kita. Demikian juga jika kita memberikan komentar di blog lain. Berikan komentar yang positif dan kalau bisa hindari kalimat-kalimat yang mengundang adrenalin meninggi. Dengan kalimat yang santun dan elegan, pemilik blog akan merasa dihormati walau kita sebenarnya sedang mengkritik posting mereka.

4. Bahas topih yang sedang hangat.
Biasanya berita hangat banyak yang mencari. Gunakan kesempatan ini untuk menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya.

5. Hindari penggunaan kalimat yang vulgar.
Kalau ini tergantung dari konsep blog masing-masing. Jika blog kita berisi tutorial misalnya, maka sebaiknya kita menggunakan bahasa yang santun, enak dibaca, dan runtut.

Saya kira hanya itu tips untuk menjaring banyak follower. Atau ada pendapat lain dari anda, silahkan tulis di kolom komentar.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: