Home > Tips dan Trik > 8 Tips Cara Cepat Membuka Email Gmail

8 Tips Cara Cepat Membuka Email Gmail

JIka anda melihat loading Gmail yang lambat, mungkin karena anda memiliki koneksi internet yang lambat atau faktor-faktor lain dari sisi fitur di Gmail sehingga cukup berat untuk dibuka.  Di sini saya akan memberikan beberapa tips untuk mempercepat membuka Gmail dan loading lebih cepat bahkan jika nda memiliki koneksi internet yang lambat.

percepat Gmail1. Disable/Matikan Fitur  Chat di Gmail

Semenjak Google Talk diluncurkan, sebagian besar dari kita tidak menggunakan fitur Chat di Gmail lagi, sebagai gantinya kita akan menggunakan Google Talk untuk ngobrol dengan teman-teman kita Gmail.

Mematikan fitur Chat bisa mengurangi beban beban pada Gmail dan pasti akan mempercepat waktu loading di Gmail.  Untuk menonaktifkan fitur chat, login ke account Gmail anda, lihat ke bagian paling bawah, kemudian klik turn off chat.

2. Tambahkan parameter ?nocheckbrowser di alamat default Gmail

Buka Gmail menggunakan alamat https://mail.google.com/gmail?nocheckbrowser. Ini akan memberitahu Gmail tidak untuk memeriksa browser anda ketika membukanya.  Hal ini secara signifikan dapat membantu mengurangi waktu loading di Gmail.

 

3. Basic HTML Mode

Mode HTML akan mematikan fitur AJAX-driven.  Namun, jika anda memiliki koneksi internet yang lambat, mode HTML dapat menjadi cara yang paling efektif untuk mempercepat waktu dalam membuka Gmail anda.

Untuk beralih ke mode HTML Gmail, login ke account Gmail anda, lihat ke bagian paling bawah, kemudian klik Load basic HTML.

4. Disable/Menonaktifkan fitur buzz

Jika anda tidak memerlukan fitur buzz, anda dapat mematikannya untuk mengurangi waktu-loading di Gmail.  Untuk menonaktifkan fitur buzz, login ke account Gmail anda, lihat ke bagian paling bawah, kemudian klik turn off buzz.

 

5. Hapus email yang tidak perlu

Jika kotak masuk penuh dengan mail yang berlebih, Gmail akan membutuhkan waktu ekstra untuk dapat dibuka.  Lebih baik bagi anda untuk menghapus semua email yang tidak perlu seperti spam.

 

6. Bersihkan browser cache

Membersihkan cache browser anda secara teratur pasti dapat membantu dalam mempercepat browsing.

 

7. Kurangi penggunaan Plugin

Browser terasa berat biasanya disebabkan oleh plugin yang berlebihan yang harus dimuat setiap kali anda membuka tab atau jendela baru.  Mengurangi jumlah browser plugin dapat membantu untuk memuat Gmail yang lebih cepat.

 

8. Mengurangi jumlah email yang ditampilkan pada setiap halaman

Yang lebih sedikit jumlah email yang ditampilkan pada setiap halaman, maka beban Gmail untuk dapat dibuka menjadi lebih ringan.  Anda dapat dengan mudah mengatur jumlah maksimal email yang ditampilkan pada setiap halaman dari halaman pengaturan.

Klik link Pengaturan yang muncul di sudut kanan atas, di bawah ukuran maksimum halaman, tetapkan nomor yang anda inginkan.

Semoga 8 Tips Cara Cepat Membuka Email Gmail tersebut dapat membantu anda

Categories: Tips dan Trik Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: